Photobucket

Flickr Photos

Photobucket

Senin, 01 November 2010

Filsafat pendidikan progresivisme

Posted by Unknown 05.51, under |

Filsafat pendidikan progresivisme didasarkan pada keyakinan bahwa pendidikan harus terpusat pada anak ( child-centered ) bukannya memfokuskan pada guru atau bidang muatan. peran guru dalam suatu kelas menurut filsafat progresivisme, guru dalam pembelajaran berorientasi secara progresif berfungsi sebagai seorang pembimbing atau orang yang menjadi sumber, yang pada intinya memiliki tanggung jawab untuk memfasilitasi pembelajaran siswa. Guru berhubungan dengan membantu para siswa mempelajari apa yang penting bagi mereka, bukannya memberikan sejumlah kebenaran yang dikatakan abadi. Terhadap tujuan ini, seorang guru menurut filsafat pendidikan progresivisme harus berusaha memberi siswa pengalaman-pengalaman yang mereplikasi/ meniru kehidupan keseharian sebanyak mungkin. Para siswa di beri banyak kesempatan untuk bekerja secara koperatif didalam kelompok, sering kali dalam pemecahan masalah yang dipandang penting oleh kelompok itu, bukan oleh guru.
Pandangan filsafat progresiv tentang pendidikan adalah merupakan “ perubahan “ dan “ ketidaktetapan “. Menururt filsafat progresivisme pendidikan selalu dalam proses pengembangan, penekanannya adalah perkembangan individu, masyarakat dan kebudayaan. Pendidikan harus siap memperbaharui metode, kebijaksanaannya, berhubungan dengan perkembangan sains dan teknologi, serta perubahan lingkungan.
Untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut filsafat progresivisme harus menekankan pada pengalaman indera, belajar sambil bekerja , dan pengembangan Intelegensi, sehingga anak dapat menemukan dan memecahkan masalah yang dihadapi.