Flickr Photos

Photobucket

Kamis, 04 November 2010

Pengertian Administrasi Pendidikan

Posted by Abd Haris 07.11, under |

Untuk menjelaskan arti administrasi pendidikan, kita tidak dapat melepaskan diri dari pengertian ilmu administrasi pada umumnya. Bahkan dapat pula dikatakan bahwa administrasi pendidikan dapat dikatakan bahwa administrasi pendidikan adalah penggunaan atau aplikasi ilmu administrasi ke dalam pendidikan itu, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apakah yang dimaksud dengan administrasi.
Dalam buku administrasi dan supervisi pendidikan dijelaskan tentang pengertian administrasi pendidikan, Kata “administrasi” berasal dari bahasa latin yang terdiri atas kata “ad” dan “ministrare”. Kata ad mempunyai arti yang sama dengan kata to dalam bahasa inggris, yang berarti “ke” atau “kepada”. Dan “ministrare” sama artinya dengan kata “to serve” atau “to conduct” yang berarti “melayani”, “membantu”, atau “mengarahkan”. Dalam bahasa inggris “to administer” berarti pula mengatur, memelihara (to look after), dan mengarahkan.
Jadi, kata administrasi dapat diartikan sebagai suatu kegiatan atau usaha untuk membantu, melayani, mengarahkan atau mengatur semua kegiatan didalam mencapai suatu tujuan.
Sedangkan pendidikan, diartikan sebagai prfoses maupun sebagai produk, adalah masalah perseorangan. Anak didik sendirilah yang harus membuat perubahan di dalam dirinya sesuai dengan yang dikehendakinya. Proses pendidikan terjadi dalam diri individu, dan produk pendidikan menyatakan diri dalam tingkah lakunya.
Dari penjelasan tentang administrasi dan pendidikan di atas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa administrasi pendidikan ialah segenap proses pengarahan dan pengitegrasian segala sesuatu, baik personel, spiritual maupun material, yang bersangkut paut dengan pencapaian tujuan pendidikan.
Jadi, di dalam proses administrasi pendidikan segenap usaha orang-orang yang terlibat di dalam proses pencapaian tujuan pendidikan itu di integrasikan, diorganisasikan dan dikoordinasi secara efektif, dan semua materi yang diperlukan dan yang telah ada dimanfaatkan secara efisien.
Meskipun segala kegiatan yang dilakukan didalam proses administrasi pendidikan pada akhirnya bermaksud untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan, administrasi pendidikan tidak sama dengan pendidikan. Tidak semua kegiatan pencapaian tujuan pendidikan itu adalah administrasi pendidikan. Demikian dengan pendidikan tidak sama dengan administrasi pendidikan.

Sumber:
Materi by Putra mtg 2010
Makalah ADM